Modem Huawei E160 di Mac OS X Lion 10.7

Pagi tadi bawa Mac Book ke kantor dengan niat untuk mengupgrade ke OSX Lion 10.7. Sampai kantor, download pun dilakukan dan jedangg… jadilah OS di macbook menggunakan Lion 10.7.

Tenang gw tidak akan melakukan review terhadap OS nya, tapi sedikit sok memberikan solusi. Solusi apakah itu? Berikut ceritanya:

Pulang kantor buka macbook dengan niat untuk browsing. Coloklah modem yang ada merk TELKOMSEL Flash padahal merk aslinya adalah Huawei E160. Setelah di colok, kok gak konek2, ohhh ternyata lupa di bayar :D. Dengan mengambil handphone, gw langsung buka Internet Banking BNI dan membayar tagihannya. Standar prosedure yang dilakukan ketika orang telat bayar adalah buka blokir.

Tadaa.. blokir terbuka, dengan PeDe gw colok lagi modem dan mencoba untuk mengkonekkan. Lalu masih saja tidak bisa konek, apakah memang koneksinya lagi problem.

Googling punya gooling, nemulah gw website iniΒ yang isinya adalah problem yang sama yang gw temuin. Disana ada solusinya. Jika ditulis ulang dengan bahasa Indonesia, kurang lebih isinya adalah sebagai berikut:

  1. Download driver modem dari sini
  2. Jika sudah di download, extract file zipnya dan anda akan menemukan file dengan nama “3Connect Installer”, lakukan klik kanan lalu pilih “Show Package Contents”
  3. Masuk ke folder contents > resources. dan anda akan menemukan file mobilemanager.mpkg, lakukan klik kanan lalu pilih “Show Package Contents”
  4. Masuk ke folder contents > packages, terdapat 2 file yaitu “huawei_universal_425_05.pkg” dan “mobile_manager_application.pkg”
  5. saya hanya memilih file driver modem saja yaitu “huawei_universal_425_o5.pkg” lalu saya klik, dan installah seperti biasa. File satunya tidak saya pilih karena itu adalah applikasi dari 3 untuk connect.
  6. setelah berhasil terinstall, colok lagi modemnya lalu tada… berhasil berhasil berhasil *gaya dora*
Demikianlah, semoga bisa membantu.. Big Thanks to pasamio.com
This entry was posted in Gadget. Bookmark the permalink.

11 Responses to Modem Huawei E160 di Mac OS X Lion 10.7

  1. Sam Moffatt says:

    Terima kasih untuk menerjemahkan ke dalam bahasa, senang mendengarnya bekerja.

  2. Pendy says:

    Huwaaaaaaaaaaa, … dari kemaren saia cari2 neh driver huawei for mac lion, Alhamdulillah nemu juga. (thanks to om Mbedil Terus yang sudah ngasih tau link blog ini)

    @admin
    Btw ini bisa dilakukan di modem huawei E220 juga ga ya ?
    soale modem yang dipakai E220

    ah gpp dan ga ada salahnya saia coba dulu πŸ™‚

    thanks ya πŸ™‚

  3. chilly says:

    saya mencoba caramu untuk macbook air OS X Lion 10.7 yang terbaru, tapi tidak berhasil. Adakah yang tahu modem apa yang bisa support dgn MBA terbaru. thanks

  4. Ragung says:

    Halaaahhh repot amat sih sampe mesti pake hack sgala hehehehhe nih donlod tuh driver segala modem dan bekerja di semua OS Singa. have a good time
    http://cl.ly/3f2o1Y3P152v413R3Z2D

  5. Guest says:

    Thanks atas infonya, setelah sekian lama akhirnya modem gw bisa kedetect di mac ….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *